Thursday, March 31, 2016

Menggunakan Fitur Extrude, Bevel, Outline, dan Inset




Bila Anda sering membuat modeling dengan teknik Polygonal Modeling, Anda pasti akan banyak mengedit bagian (mode) Polygon (sisi permukaan) dari objek tersebut. Dengan Anda memilih mode Polygon, Anda akan banyak pula berhubungan dengan empat fitur utama dalam Polygonal Modeling (Editable Poly), yaitu fitur Extrude, Bevel, Outline, dan Inset. Dengan mengombinasikan ke-4 fitur ini saja, Anda dapat membuat sebuah modeling baru yang menarik.

Trik menggunakannya adalah sebagai berikut:

1. Anda buat sebuah objek 3 dimensi, misalkan sebuah Box. Anda convert Box tersebut ke Editable Poly (dengan cara klik kanan di objek tersebut dan Anda klik Convert to Editable Poly).


Buka tab Modify dan Anda pilih mode Polygon , lalu Anda pilih sisi bagian atas objek Box tersebut. Sisi bagian yang terpilih (aktif) akan berwarna merah.



2. Geser mouse ke bawah, Anda klik tombol bergambar kotak di sebelah tulisan Bevel. Bevel berfungsi untuk memberikan ketebalan suatu bagian Polygon (sisi permukaan) yang juga dapat Anda skalakan untuk diperbesar atau diperkecil sisi permukaan terpilih tersebut


3. Akan terbuka jendela Bevel Polygons. Anda atur nilai Height = 20 dan Outline Amount = -10, lalu klik OK.


4. Pastikan sisi terpilih tetap dalam keadaan aktif. Selan-jutnya Anda klik tombol bergambar kotak di sebelah tulisan Inset. Inset berfungsi untuk membuat bidang baru dari sisi permukaan terpilih.


5. Akan terbuka jendela Inset Polygons. Anda atur nilai Inset Amount =10, lalu klik tombol OK.


6. Pastikan sisi terpilih tetap dalam keadaan aktif. Kemudian, Anda klik tombol bergambar kotak di sebelah tulisan Extrude. Extrude berfungsi untuk memberikan ketebalan dari suatu permukaan objek terpilih.


7. Akan terbuka jendela Extrude Polygons. Anda atur nilai Extrusion Height =15 dan klik tombol OK.


8. Pastikan kembali sisi terpilih dalam keadaan aktif. Selanjutnya klik tombol bergambar kotak di sebelah tulisan Outline. Outline berfungsi untuk menskalakan (memperbesar atau memperkecil) sisi permukaan terpilih.


9. Akan terbuka jendela Outline Polygons. Anda atur nilai Outline Amount = -5 dan klik tombol OK.


Selesai.

Membuat Ketebalan Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis

No comments:

Post a Comment