Sunday, March 27, 2016

Menggunakan Alat Bantu Snap



Apa itu Snaps? Mungkin Anda belum familiar dengan tool yang satu ini. Snaps adalah salah satu alat bantu yang memudahkan Anda untuk dapat bekerja dengan objek dalam viewport dengan lebih presisi. Snaps dapat di ibaratkan seperti magnet yang akan lengket dengan bidang pilihan yang telah Kita set sebelumnya.

Ada 13 jenis Snaps, Yaitu Snaps Toggle, Angle Snaps Toggle, Percent Snap Toggle, Spinner Snap Toggle, Snap to Frozen Objects Toggle, Snaps Use Axis Constraints Toggle, Snap To Grid Points Toggle, Snap To pivot Toggle, Snap To Vertex Toggle, Snap To Endpoint Toggle, Snap To Midpoint Toggle, Snap To Edge Toggle dan Snap To Face Toggle.

Namun disini hanya akan dibahas tiga saja dari semuanya yaitu;
  • Snaps Toggle yaitu Snaps untuk menggerakan atau memindahkan objek.
  • Angle Snaps Toggle yaitu Snaps untuk memutar objek.
  • Percent Snaps Toggle yaitu Snaps untuk menskalakan objek.
Sekarang Anda akan mencoba Snaps toogle terlebih dahulu, Caranya sebagai berikut:

1. Klik menu Tools> Grids and Snaps > Grid and Snap settings


2. Akan terbuka jendela Grid and Snaps settings. Anda Klik Tab Snaps. Anda dapat memilih ke pilihan mana yang  anda inginkan. Secara default yang terpilih Adalah Grid Points. Selanjutnya tutup jendela tersebut.


3. Klik opsi Snaps Toogle.


4. Arahkan mouse ke Viewport, maka akan tampil kotak Snaps berwarna kuning setiap mouse Anda menyentuh grid- grid points.


5. Sekarang coba mengatur setingan untuk Angle Snap toogle dan Percent Snap Toogle. Buka kembali jendela Grid and Snap Settings, Anda Klik Tab Options. untuk Opsi Angle, secara default 5, ini artinya bila Anda memutar objek dengan Angle Snap Toogle, maka objek tersebut akan berputar setiap 5 derajat. Atur nilai Angle yang Anda inginkan. Untuk opsi Percent, secara default adalah 10, Artinya bila Anda memperbesar atau memperkecil objek dengan Percent Snaps Toogle, maka objek tersebut akan diperbesar atau diperkecil sebesar 10 persen. Anda atur juga nilai Percent yang dikehendaki, selanutnya tutup jendela tersebut.


6. Kemudian jangan lupa untuk mengaktifkan Angle Snaps Toogle dan Percent Snaps Toogle. Maka sekarang anda dapat mempergunakan kedua Tools tersebut.

Selesai

Mengubah Warna Tampilan User Interface 3DS Max

No comments:

Post a Comment