Wednesday, April 6, 2016

Membuat Soccer Ball menggunakan Script (Ball_Maker.1.021 ) pada 3DS Max 2011


Pada Edisi Tutorial terdahulu Kita Sudah mempelajari Cara membuat SoccerBall menggunakan tekhnik Manual dengan bentuk dasar 2D NGon  pada standart primitive. Kali ini Anda akan Saya ajak untuk belajar membuat SoccerBall menggunakan tekhnik yang lebih cepat dan Instan, Karena memang itu yang paling banyak dipakai dalam pembuatan modeling objek terutama bola dengan cara yang lebih cepat.

Dalam Tutorial ini Anda dipandu untuk mengerti mengenai penggunaan Sebuah script yang bernama Ball_Maker.1.021. Script ini tidak hanya bisa dipakai untuk membuat SoccerBall saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat Bola- bola yang lain, seperti : VolleyBall, Basket Ball, Golf Ball, dan Base Ball.

Untuk lebih jelasnya mari Kita Ikuti Tutorial berikut:

1. Langkah pertama Anda harus meng-install terlebih dahulu script Ball_Maker.1.021 pada 3DS Max Anda, Silahkan download file script-nya disini. Setelah Anda download file-nya Copy folder Ball_Maker.1.021 ke direktori C > Program Files > Autodesk > 3ds Max 2010 > Scripts, paste didalam folder Scripts tersebut semuanya dengan file jpg.


2. Langkah kedua, Buka program 3dS Max Anda, dan run script Script Ball_Maker.1.021 dengan cara: Klik tombol [Utilities > MAXScript > Run script] , akan terbuka panel browse windows untuk memilih script mana yang akan dibuka, Klik 2 kali pada balls_maker.1.021.


3. Langkah ketiga, Panel properties balls_maker.1.021 akan terbuka silahkan Anda Klik pada tombol [Soccer Ball ] karena pada tutorial kali ini Kita hanya akan membahas cara membuat Soccer Ball saja. Maka secara otomatis balls_maker.1.021 pada 3ds Max akan bekerja sendiri membuat Soccer Ball dengan hasil tampilan masih dengan warna standart tanpa tekstur. Cukup mudah bukan? Sangat Instan...



4. Langkah keempat, Sekarang Anda sudah mempunyai sebuah SoccerBall dengan mesh sempurna tinggal bagaimana Anda memberikan tekstur pada Soccer ball tersebut. Tergantung dengan material yang seperti apa Anda mewarnainya. Tapi kali ini Saya Akan memberikan Tekstur/ warna standar yang bisa Kita lihat pada Bola Sepak pada umumnya, yaitu Hitam putih.

5. Langkah kelima, Geser mouse Anda ke bagian modifier Editable Mesh sebelah kanan layout 3ds max, klik tombol [Element]. Secara otomatis elemen- elemen pada soccer ball akan terseleksi dengan ditandai dengan bola berubah jadi warna merah semua. Tinggal sekali klik pada mouse Anda pada viewport diluar mesh bola maka seleksi pada semua elemen akan hilang.



6. Langkah keenam, Sekarang Kita akan mewarnai elemen dengan sisi segi 5 dengan warna hitam, Klik pada semua elemen bersisi 5 dengan menekan tombol [Ctrl]. Seperti pada gambar dibawah ini.


7. Langkah ketujuh, Tekan hurup [M] pada keyboard untuk membuka Panel Material Editor. Pilih salah satu slot pada panel tersebut, geser mouse Anda sedikit kebawah kebagian kotak Diffuse dan klik pada kotak ini. Secara otomatis akan keluar panel warna , silahkan cari warna hitam. Maka slot pertama yang Anda pilih akan berubah jadi hitam. Ulangi cara tersebut untuk membuat warna putih pada Slot kedua.



8. Langkah kedelapan, Drag/ seret slot hitam pada panel material editor kearah elemen yang sudah diseleksi , sekarang bagian yang bersegi 5 sudah berwarna hitam. Sebaiknya Anda jangan melepas seleksi pada elemen terlebh dahulu, Klik tombol [Edit > Select Invert], sekarang seleksi akan pindah pada semua elemen yang besegi 6.



9. Langkah kesembilan, Drag/ seret slot material kedua yang berwarna putih ke elemen terseleksi yang bersegi 6. Tutup jendela material editor, lalu klik sekali pada viewport diluar bola. Kalau langkah Anda benar maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah.


10. Langkah kesepuluh, Bila Anda menekan tombol [F9] untuk me-render, akan terlihat hasilnya masih kurang bagus.


Mari Kita edit sedikit yaitu dengan menambahkan efek glosines dan specular Level pada kedua slot  Material. Tekan [M] untuk membuka jendela Material Editor , Geser mouse kebawah sampai anda menemukan bagian Specular Highlights yaitu 2 buah kotak yang berlabel specular level dan Glossines. Tarik keatas slider pada masing- masing kotak hingga slot kedua material menjadi seperti gambar dibawah ini. Lalu tekan [F9] untuk render cepat.



Jangan Lupa, untuk merubah warna background pada hasil render agar tidak hitam gelap, caranya
klik Rendering > Environment

 
Ganti Warna pada Tab Color dengan warna abu, atau sesuai selera Anda. Lalu tekan Render [F9]


11. Ok, Anda Telah selesai membuat sebuah bola Sepak dengan material teksturnya. Bila Anda penasaran silahkan Anda mencoba sendiri untuk membuat Bola yang lain.

Selesai

No comments:

Post a Comment