Tuesday, January 12, 2016

10 Tips Meningkatkan Kualitas Photo Digital dengan Photoshop ( CS2 keatas ) Bag. 3

Tip 6. Mengolah photo Suasana

Perhatikan Cuaca tipikal pada Akhir tahun. Seringkali terjadi hujan dan awan gelap, Jika Anda mengambil foto dalam suasana tersebut, terkadang white balance-nya terlupakan . Akibatnya Foto akan tampak kebiruan. Masalah ini dapat dikoreksi dengan fungsi " Match Color " yang terdapat didalam menu " Image/ Adjustment/ beri centang pada " Neutralize " maka nuansa kebiruannya akan hilang.

 * Mempertahankan efek : apakah awan- awan gelap harus tetap ada? terapkan fungsi " Match Color" pada sebuah layers Copy. Tempatkan diatasnya sebuah Mask dan buatlah sebuah gradasi Hitam Putih.

Tip 7. Meningkatkan Kontras Warna

Apabila Anda ingin menonjolkan bagian objek tertentu, dengan warna, misalnya
warna kuning pada sebuah ladang, bunga lakukanlah langkah berikut:

* Melalui "Select" pilih perintah " Color Range" dengan pipet klik area yang diinginkan, dengan pengatur toleransi, tentukan sejauh mana bagian berwarna serupa diintegrasikan kedalam pilihan. Konfirmasikan Pilihan Anda dan buatlah sebuah layer Copy dengan menekan [Ctrl] + [J] . Berilah sentuhan layer blending untuk layer -copy ini. Didalam palet layer, pilihlah,"Soft Light" sehingga akan lebih menguatkan warna.

Tip 8. Menampilkan Detail dalam Kabut

Foto yang di ambil dalam kabut pagi memiliki suasana lembut yang khas, Sayangnya tidak semua detail gambar bisa nampak. Sebuah koreksi Kontras pada fungsi "Curves" biasanya sudah memadai. Namun Anda perlu menetapkan, dengan tepat nilai warna mana saja yang perlu ditingkatkan. Sebelum koreksi dilakukan, tempatkan titik ukur tetap pada " Curves". Bukalah jendela ' Curves", tahan tombol [Ctrl] dan klik bagian foto yang perlu ditingkatkan. Kini photoshop menempatkan titik yang tetap dalam diagram. Dengan itu Anda tahu, dimana kurva perlu memperbaiki.

Tingkatkan kontras dengan membuat kurva berbentuk hurup "S", Dengan demikian, foto akan lebih menarik, segar, tanpa kehilangan karakternya. Peningkatan gradasi juga mampu mengintegrasikan warna. Bila perlu, Anda dapat mengombinasikan koreksi dan sedikit reduksi saturasi melalui, " Image/ adjustment/ Hue/ Ssturation". Apabila Koreksi Kontras dalam highlights atau shadows terlalu kuat, lindungi dengan sebuah Mask. Untuk itu gunakan fungsi " Select/ Color Range ", untuk memilih bagian cerah atau gelap.

Tip 9. Mempertajam Gambar dengan Benar

" Unsharp Mask " Adalah filter yang paling banyak digunakan dalam photoshop karena
seringkali mendapatkan hasil yang bagus. Walaupun demikian, banyak pengguna tidak dapat menggunakannya dengan benar atau lebih suka menggunakan nilai default ( amount 130, radius 3, Treshold 0 ), Namun, metode pintas tersebut terkesan kurang profesional. Jadi, perhatiakn penjelasan berikut:

 * Radius, untuk menampilkan ketajaman, banyak pengguna menetapkan nilai pixel yang kecil, Namun perlu diperhatikan , apabila radiusnya tetap, penajaman pada foto
resolusi rendah efeknya lebih kuat ketimbang foto resolusi tinggi.

*Amount, slider ini juga harus diatur sesuai dengan objek, . Dalam arti harus flexibel,
dengan foto, terutama objeknya. Misalnya, detail kulit, yang dipertajam malah tidak
enak dilihat bukan? Biasanya, intensitas penajaman, yang disarankan antara 75 hingga180 %.

*Treshold, Dengan setting ini, Anda dapat melindungi tone serupa sebelum peningkatan kontras untuk menghindari timbulnya artefak.

Tip 10. Cropping dengan Benar


Memisahkan ebuah Objek dari latar belakang dapat dilakukan dengan " Magic Wand Tool " atau dengan " Path Tool ", Kami tunjukan cara yang cepat dan tepat untuk
melakukannya:

 * Latar belakang dengan kontras tinggi: Apabila objek berdiri didepan latarbelakang
yang sangat berbeda atau kontras tinggi, magic wand tool dapat digunakan. Pada Options Bar diatas, masukan nilai Tolerance antara 10 hingga 40, cukup klik pada area latar belakang, dengan sgera area seleksi akan tercipta. apabila masih ada area yang belum terseleksi, klik " Select/ Similar ". Masih belum puas? Tekan [Alt] dan klik area lainnya. Tingkatkan lagi niali toleransinya. Akhirnya , Pilih " Select/ Inverse ", selesai.

*Kontars Tinggi, Tekstur Halus, Objek Manusia dengan rambut keriting, rumput, atau sejenisnya memang rumit, Sebaiknya Anda menggunakn dengan bantuan Channels, Seleksi bagian yang akan di mask dengan "Lasso Tool" , Kemudian buka "Image/ Calculations", dengan melihat hasil Preview, pilih Blending "MultyPly". Dibawah jendela pilih" Result: New Channels" Klik Ok. maka akan tampak Channels baru , sapukanlah bagian luar objek dengan kuas dan warna hitam hingga dekat ke tepi rambut, Denagn slider "Levels" geser slider terang gelap hingga foto hampir hitam putih dan rambut tampak sebagai kontur. Langkah terakhir, Klik tombol "Load Channels as selection" yang terdapat dibagian bawah palet layer. klik chanels RGB.

Selesai. 

 10 Tips Meningkatkan Kualitas Photo Digital dengan Photoshop ( CS2 keatas ) Bag.1

No comments:

Post a Comment