Tuesday, January 12, 2016

10 Tips Meningkatkan Kualitas Photo Digital dengan Photoshop ( CS2 keatas ) Bag.1

Melalui sejumlah Triks pada Photoshop, Anda dapat mengoptimalkan setiap photo hasil jepretan kamera, sehingga terlihat lebih hidup, dengan banyak warna dan nuansa. Tidak masalah Apakah itu photo close-up, makro atau pemandangan.

Tip 1. Menghilangkan berbagai noda pada kulit

Pada saat memotret objek manusia khususnya Photo close-up, seringkali terjadi kekurangan kecil berupa noda pada wajah, jerawat dan red eye. Koreksi kekurangan kecil tersebut dapat diatasi dengan " Spot Healing Brush Tools" . Dengan tools tersebut photoshop akan menyamakan pixel- pixel di area yang bersangkutan dengan area sekitar yang bersih dari Noda tersebut. Noda pun langsung hilang. Namun, perlu diperhatiakan, ukuran kuas harus lebih besar daripada bagian yang akan dikoreksi.
* Untuk melakukan hal serupa pada photoshop versi lama, aktifkan "Clone stamp tools" Sambil menekan tombol [alt] , pilihlah sebuah area kulit yang bersih . lepaskan tombol [alt] dan hilangkan noda dengan menyapukan kuasnya.
* Apabila software pengolah gambar yang Anda gunakan tidak memiliki tools reparasi, lakukan langkah berikut: Copy kesebuah layers baru dengan posisi teratas dan perhalus dengan sebuah filter " Remove Dust and Scratches" . Pilih sebuah radius dan nilai ambang tinggi, untuk mempertahankan struktur kulit. Kini tutup Layers dengan sebuah mask. Pada mask sapulah pada bagian yang akan dikoreksi dengan kuas sehingga layers yang sudah diperhalus akan tampak terlihat kembali.

Tip 2. Menghaluskan dan Melicinkan Kulit

Foto- foto iklan kosmetikterlalu sempurna untuk menjadi kenyataan, bukan? begitu mulus tidak ada kerutan, dan tidak ada pori- pori yang mengotori kulit. Sebenarnya Anda pun dapat
melakukannya. Cobalah sejumlah trik berikut ini:


 * Solusi terbaik tersedia didalam photoshop mulai versi CS2, Dibawah Filter/ Blur/ Surface Blur", Anda Akan memuluskan permukaan kulit dengan membuatnya blur / kabur. Nilai setting yang baik adalah 3 sampai 5pixel untuk radius, dan10 hingga 15 untuk nilai Treshold .Akan lebih optimal jika Anda melakukan seleksi pada bagian kulit yang perlu dikoreksi sehingga hanya bagian tersebut yang diolah.

* Pada Photoshop versi sebelumnya,
proses pemulusan permukaan kulit tersebut kadang menjadi masalah. Struktur kulit yang kasar memang akan hilang, tetapi kontur bulu mata, rambut, dan garis bibir juga akan menjadi kabur.

* Tip rahasia: Neat Image, sebuah software ( plugIns ) khusus untuk noise terasa efektif, pengguna pribadi, dapat menggunakan secara gratis versi demonya ( www.neatimage.com ) dengan limitasi sejumlah fungsi. Neat Image membuat sebuah profile otomatis. Untuk memperkuat efek, tingkatkan kecerahan dan Noise Warna, Hasilnya struktur kulit yang kasar disingkirkan, tetapi mata dan kontur bulu mata tetap terjaga.

10 Tips Meningkatkan Kualitas Photo Digital dengan Photoshop ( CS2 keatas ) Bag.2

No comments:

Post a Comment