Saturday, January 16, 2016

10 Langkah Menjadi Profesional Pengolah Gambar dengan Photoshop ( Bag. 1 )


1. Fieldmask, Melakukan Montase foto dengan cepat

 Untuk memberikan piala kepada Ballack dkk., pertama buat sebuah field-mask baru dalam foto para pemain. Klik tombol Field Mask dalam palet Fields (Layer). Tandai foto piala dengan [Ctrl]+[A] dan tambahkan melalui Copy&Paste ke dalam field baru foto pertama. Sekarang, singkirkan latar belakang foto piala. Tarik selection di sekeliling piala (lihat tip di bawah) dan buat sebuah field-mask melalui menu ‘Field | Fieldmask | Show Selection’.

Sekarang yang tampak hanya piala. Sesuaikan ukurannya dalam foto dan miringkan sedikit. Untuk itu, pilih ‘Edit | Free transform’. Di sekeliling piala tampak sebuah segiempat. Tahan tombol [SHIFT] ketika Anda menarik sudut-sudutnya agar proporsi terjaga. Di sudut kotak, pointer akan berubah menjadi panah lengkung ganda. Klik dan tarik simbol ini untuk memiringkan piala ke arah yang diinginkan.
Sekarang Anda hanya perlu sebuah tangan di depan piala. Untuk itu, pindah ke layer yang img37 berisi foto pemain dengan mengklik layernya dalam palet Fields. Tarik selection di sekeliling tangan yang akan digunakan. Copy bagian tangan ke clipboard. Buat layer baru di atas kedua layer sebelumnya dan tambahkan isi clipboard ke sana. Atur ukuran dan posisinya.

2. Tongkat Ajaib, Masking-mode, Extraction: Memilih Objek dalam Foto


Pemilihan cepat dapat dilakukan melalui tongkat ajaib (Magic Wand)—tetapi hanya pada objek satu warna dengan kontur yang kontras dengan latar belakang. Dalam contoh, latar langit tepat untuk metoda ini. Selanjutnya, balikkan selection dengan menekan tombol [Shift]+[Ctrl]+[I].

Objek berwarna dengan kontur relatif jelas Anda pilih dengan magnetik lasso. Bila kontur belum bersih, masuk ke Masking mode. Dalam palet Tools, klik simbol bulatan putih dalam segiempat kelabu. Bagianbagian foto yang tidak dipilih kini tampak merah dan Anda dapat mengatur selection dengan kuas. Dengan mencat putih Anda menambahkan bagian pada selection, dengan mencat hitam Anda menghilangkannya. Setelah selesai, kembali ke mode standar dengan mengklik simbol bulatan putih dalam segiempat putih. Perintah menu ‘Extract’ berfungsi untuk membebaskan kontur berstruktur halus seperti rambut keriting. Pilih ‘Filter | Extract’. Dalam kolom dialog, tandai kontur dengan contour-marker, lalu isi selection dengan Fill-tool. Bagian di luar yang diberi warna biru akan menghilang setelah Anda mengklik ‘OK’. Bila perlu, zoom gambar dengan mengklik icon kaca pembesar. Tahan [ALT] untuk memperkecil.

3. Fields dan Kuas: Mempercantik Warna Kulit dalam Potret

Kulit sempurna dengan mengklik, dalam Photoshop tidak masalah. Untuk menyingkir kan noda-noda kulit, kerutan, atau tahi lalat tersedia metoda yang nyaman: Kuas reparasi secara otomatis dapat mencari pixel di lingkungan gambar yang perlu dikoreksi. Dengannya kita dapat mengoreksi bagianbagian kecil secara cerdas. Pilih fungsi kuas reparasi dari toolbar dan tentukan ukurannya dalam 'Tool-Options'. Klik bagianbagian yang mengganggu dalam foto untuk menyingkirkannya. Kulit kecoklatan terbakar matahari juga relatif mudah dibuat dengan Photoshop. Buat sebuah layer baru dan sebagai metoda Fill pilih 'Multiply' dari daftar dropdown dalam palet layer. Sekarang, dari toolbar pilih kuas dengan ujung lembut dan ukuran yang tepat. Sebagai warna latar depan pilih nada warna yang sedikit lebih gelap dari warna kulit pada foto. Sapukan kuas ke bagian kulit yang akan diperbaiki dalam layer baru. Agar hasilnya tampak lebih alami, turunkan opasitas field dalam palet layer.

Perhatian! Jangan sertakan bagianbagian seperti gigi dan mata dari proses ini agar tidak ikut terwarnai.

 10 Langkah Menjadi Profesional Pengolah Gambar dengan Photoshop ( Bag. 2 )

 10 Langkah Menjadi Profesional Pengolah Gambar dengan Photoshop ( Bag. 3 )

No comments:

Post a Comment