Berbicara kamera, tentu tidak lepas dari ilmu dasarnya yaitu Camera Works yang merupakan salah satu bagian ilmu sinematografi. Jadi sebisa mungkin, dalam meletakkan dan menggerakkan kamera di Viewport tidak asal begitu saja.
Buka dulu file CameraWorks.mov, Instal dulu K-Lite Codec Pack 1140 yang bisa Anda Download dibawah. Dalam video tersebut hanya ada lima macam gerakan kamera dasar. Dibawah ini adalah definisi dari beberapa gerakan kamera.
Track In yaitu gerakan kamera mendekati objek, Track Out tentu saja adalah kebalikannya. Hampir sama dengan Track In/Track Out, Zoom In/Zoom Out juga bersifat mendekat/menjauh tetapi dengan memanfaatkan fasilitas Zoom yang ada pada kamera. Zoom In/Zoom Out ini, di dalam 3DMax bisa digantikan dengan Track In/Track Out. Crab adalah gerakan kamera mengitari objek.
Dalam shooting film sungguhan, teknik crab biasanya dibantu dengan crane yang harganya puluhan juta, dengan 3DMax kita cukup men-cantholkan kamera pada path saja. Jika kamera menengok ke kiri dan/atau kekanan berdasarkan porosnya, disebut Pan Left/Pan Right. Hampir sama dengan Pan, Tilt Up/Tilt Down juga menengok berdasarkan porosnya tetapi keatas dan/atau kebawah (searah sumbu vertikal). Dolly Camera yaitu kamera bergerak dibantu dengan tripod beroda untuk menghindari efek shake. Satu lagi yang disebut Follow Through, yaitu gerakan kamera mengikuti objek bergerak. Terakhir adalah kombinasi dari semuanya.
Langkah 1
Gambar 1 |
Reset 3DMax anda, buka file CameraWorks.Awal (Gambar 1). Aktifkan Viewport Perspective, tekan "Alt+W" untuk mengubah Viewport aktif menjadi single view. Atur tampilan hingga tampak seperti gambar 2. gunakan fasilitas Navigation Tools (Gambar 3).
Gambar 2 |
Gambar 3 |
Catatan : Jika saat membuka file muncul pesan error yang berhubungan dengan material, abaikan saja atau baca dulu artikel yang membahas tentang material di edisi ini.
Langkah 2
Kalau sudah,Tekan tombol "Ctrl+C" untuk membuat kamera berdasarkan sudut pandang dari Viewport aktif. Perhatikan adanya perubahan pada label Viewport yang berada di sudut kiri atas Viewport (Gambar 4). Label Perspective sekarang berubah menjadi Camera01, ini berarti Viewport tersebut adalah sudut pandang dari Camera01. Tekan lagi "Alt+W" untuk mengembalikan tampilan ke quad view.
Gambar 4 |
Secara default, kamera yang kita munculkan dengan menekan "Ctrl+C" bertipe Target Camera. Kamera dengan tipe ini mempunyai dua sub objek yaitu kamera itu sendiri dan targetnya. Langkah berikutnya kita akan melakukan beberapa penyesuaian sehubungan dengan kamera dan target kamera.
Langkah 3
Manfaatkan Viewport Top, atur posisi kamera dan targetnya hingga kira-kira tampak seperti gambar 5. Gunakan Transformation Tools Select and Move (Gambar 6). Pada gambar 5, area dalam lingkaran adalah Camera Target. Jika nanti anda merasa kesulitan menseleksi Camera.Target, gunakan fasilitas Select Object dengan menekan tombol "H" di keyboard.
Gambar 5 |
Gambar 6 |
Langkah 4
Agar nanti kita tidak dipusingkan dengan objek yang ada, sebaiknya biasakan setiap kali membuat objek baru langsung anda beri nama. Dalam hal ini kita akan memberi nama PanLeft. Pastikan Kamera aktif, pergi ke Command Panel Modify, ganti Camera01 dengan PanLeft >> Enter (Gambar 7).
Gambar 7 |
Langkah 5
Cermati kembali langkah 3, kali ini geser PanLeft.Target ke kanan hingga tepat di moncong depan objek mobil (Gambar 8). Langkah ini adalah persiapan dalam membuat animasi kamera Pan Left.
Gambar 8 |
Untuk melanjutkan tutorialnya, Download Dulu Ebook-nya Yu!
Download File PDF RETORIKA GERAKAN KAMERA
Download File Latihan max
Download Video Finish hasil Rendering
Download K-Lite Codec Pack 1140
SELESAI
No comments:
Post a Comment