Saturday, March 19, 2016

Membuat Pedang Cahaya (lightsaber - glow effect)



1. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat pedang cahaya (lightsaber glow effect). Saya tidak akan membahas pembuatan modeling pedangnya karena cukup sederhana tapi kita akan mempelajari pembuatan efek material yang bercahaya itu sendiri


2. Gunakan material standar warna biru pada bagian yang nantinya bercahaya, RGB (32, 65, 140)


3. Buatlah material yang bercahaya sendiri (self illuminated material) dengan mengaktifkan (checked) pada kotak di samping tulisan color (warna) RGB (84, 182, 218). Anda dapat mengubah warna dan pencahayaan sebagaimana anda inginkan tetapi yang berikut ini adalah pengaturan saya


4. Untuk membuat pancaran cahaya klik kanan pada bagian pedang yang bercahaya kemudian pilih Properties dan di G-Buffer, Objek ditempatkan pada Channel 2


5. Sekarang lihat ke bagian Rendering - Video Post dan tekan tombol Add Scene Button (Teapot icon) dan dari sana pilih tampilan yang dikehendaki (perspektif atau kamera), tekan Add Image Filter Event (seperti gelombang) button dan ada tombol select Lens Effect Glow daftar drop-down. Klik OK, lalu tekan setup


6. Masukkan angka 2 pada Object ID


7. Pada bagian Preferences anda dapat mengatur properti dari pancaran cahaya (ukuran, warna, intensitas, dll) sampai anda mendapatkan sesuai yang anda inginkan


8. Pilih tombol di bawah ini untuk render scene


9. Sekarang untuk membuat objek bercahaya, saya akan menggunakan beberapa lampu Omni, tanpa bayangan, intensitas kecil, dan warna kebiru-biruan. Coba untuk mengubah-ubah near dan far attenuation untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat. Buatlah beberapa lampu yang sama sepanjang obyek dengan menggunakan instance. Sekarang jika Anda memodifikasi satu lampu, yang lain lampu akan secara otomatis berubah menjadi sama


10. Dan jika anda menggunakan Video Post lagi, maka hasil yang didapat seperti gambar berikut



No comments:

Post a Comment