Tuesday, April 26, 2016

Membuat Balon Ulang Tahun 3D pada 3ds Max



Pada tutorial 3ds Max kali ini Kita akan diajak untuk membuat balon ulang tahun 3d yang berwarna- warni dan proses render-nya menggunakan Mental Ray. Ini adalah contoh yang bagus dari fitur special efek pada 3ds Max. Dengan hanya menggunakan sedikit objek standard primitives dan modifiers Anda  bisa  melihat dan percaya hasilnya dengan cepat. Kita disini menggunakan versi 3ds Max 2010 tetapi seharusnya tutorial ini bisa anda terapkan pada versi sebelumnya.

Langkah 1. Objek Geometry Dasar dari 3D Balloon

Buatlah sebuah Sphere dengan meng-klik [ Create panel > Geometry > Standard Primitives > Sphere ] pada  top viewport . Modifikasi Sphere yang anda buat (geser mouse Anda pada > panel Modify ) dengan mengikuti parameters berikut :
•    Radius: 100
•    Segments: 100 ( Anda  mungkin ingin menambah atau mengurangi ini nanti tergantung pada kebutuhan Anda )


Langkah 2. Membuat Sphere yang Menyerupai Sebuah Balloon

Tambahkan FFD 3x3x3 modifier pada  sphere yang Anda buat tadi ( Geser mouse Anda ke > Modify panel > Modifier List > Object-Space Modifiers > FFD 3x3x3 ) dan aktifkan Control Points sub-object level. Seleksi control point sebelah bawah tengah dan pindahkan ke 160 units kebawah seperti yang terdapat pada gambar dibawah ( ini tidak harus tepat pada nilai 160 units ). Periksa kedua titik point yaitu depan (front) dan pandangan kiri (left views) untuk memastikan Anda benar-benar memilih titik kontrol tengah (middle control point).


Langkah 3. Membuat Simpul pengikat 3D Balloon

Selanjutnya Kita akan membuat Simpul pengikat pada balon yang Kita buat. Dengan cara yang sama, Kita akan menyelesaikan ini dengan cepat dengan hanya menggunakan objek standard primitives dan sedikit  modifiers. Pertama, buatlah sebuah Torus Knot dengan meng-klik [Create panel > Geometry > Extended Primitives > Torus Knot] pada  top viewport dan apply ( geser mouse Anda pada  > Modify panel ) iktuti parameters berikut:
•    Base Curve
•    Radius: 1.3
•    Segments: 120
•    P: 3.0
•    Q: 1.5
•    Cross Section
•    Radius: 1.2
•    Sides: 12
Tempatkan simpul pengikat atau  knot pada bagian dasar/ bawah  balon seperti pada gambar dibawah ini.


Langkah 4. Membuat Mulut Karet Balon

Buatlah Cone dan Torus dengan meng-klik [ Create panel > Geometry > Standard Primitives ] pada viewport top. Gunakan modify panel ( geser mouse Anda pada  > Modify panel ) untuk memodifikasi objek yang kita buat  dan ikuti parameters berikut:
•    Cone
•    Radius 1: 6.0
•    Radius 2: 1.0
•    Height: 8.5
•    Height Segments: 20
•    Cap Segments: 1
•    Sides: 50
•    Torus
•    Radius 1: 6.4
•    Radius 2: 0.8
•    Segments: 50
•    Sides: 40
Tempatkan Objek yang baru saja Kita buat mengikuti petunjuk pada gambar dibawah dan gabungkan semua objek menjadi satu Group ( Geser mouse Anda ke > Group > Group ).


Langkah 5. Langkah Terakhir Membuat Objek  Geometry Balloon

Tambahkan Noise modifier ( Geser mouse Anda ke > Modify panel > Modifier List > Object-Space Modifiers > Noise ) pada  group objek yang baru saja dibuat  dan  apply parameters berikut kedalamnya:
•    Noise
•    Scale: 60
•    Fractal: YES
•    Roughness: 0
•    Iterations: 6.0
•    Strength
•    X: 10
•    Y: 10
•    Z: 4
Perbaiki penempatan objek  group ( Baik pada  front viewports dan side viewports ) dan objek model Anda seharusnya seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Sekarang objek geometry balon ulang tahun sudah selesai dibuat.


Langkah  6. Meng-Aktifkan Mental Ray Renderer

Selanjutnya Kita akan membuat sebuah  material untuk objek balon Kita dan me-render-nya dengan proses render Mental Ray. Secara default 3ds Max menggunakan Scanline renderer sehingga Kita harus menggantinya dengan mental ray. Ganti proses  renderer menjadi Mental Ray dengan meng-klik [ Rendering > Render Setup… > Common tab > Assign Renderer > Production ].


Langkah 7.  Arch & Design Material untuk  Objek Balon

Mari Kita buka jendela  Material Editor ( Tekan “M” pada keyboard Anda ) dan buat material balon:
1.    Seleksi seluruh balon dan assign material pada objek
2.    Material type: Arch & Design
3.    Template dari drop-down list: Translucent Plastic Film, Light
4.    Color: bright red (R0,9 G0,0 B0,0)
5.    Transparency: 0.6
6.    Glossiness: 0.6
7.    Glossy Samples: 32 ( Jika Anda memerlukan kualitas transparansi yang lebih mengkilap, Anda dapat meningkatkan ini. Namun, 32 seharusnya cukup untuk keperluan pembuatan balon ini )


Langkah 8. Test Render Pertama pada 3ds Max

Ganti warna background menjadi putih dengan meng-klik [ Rendering > Environment… > Common Parameters > Background > Color ] dan lakukan test render  Kita yang pertama. Proses Render  seharusnya terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Hasilnya tidak ada yang special disini, tapi jangan khawatir tetaplah disini. Kita akan membuat balon benar- benar bersinar!


Langkah 9. Panel Reflections

Selanjutnya Kita akan membuat efek reflections/ pantulan lebih menarik. Mari kita ciptakan geometri dan material untuk refleksi jendela panel reflections. Buat empat buah kotak besar pada viewport Top dengan mengikuti parameter berikut.
•    Length: 2700
•    Width: 2800
•    Height: 1

Gabungkan Kotak menjadi sebuah Group dan beri nama ‘Window reflections’ ( Geser mouse Anda  ke  > Group > Group ). Tetapkan sebuah material standar baru untuk group dan masukan parameters berikut untuk Material tersebut::
•    Color: pure white
•    Specular Level: 999
Kotak Anda akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini :


Langkah 10. Efek Illumination

Buatlah Skylight dengan meng-klik [ Create panel > Lights > Standard > Skylight ] dengan mengikuti parameters berikut:
•    Sky Color: pure white

Ketika Anda bekerja dengan Skylight, Anda harus mengaktifkan Final Gather. Pada 3ds Max 2010 Final Gather diaktifkan secara default, tetapi dalam versi lama Anda harus mengaktikannya sendiri. Yaitu dengan meng-klik [ Rendering > Render Setup… > Indirect Illumination > Final Gather > Enable Final Gather ].

Buatlah Omni light dengan meng-klik [ Create panel > Lights > Standard > Omni ]. Sesuaikan cahaya Omni sehingga hanya mempengaruhi panel reflections:
1.    Klik tombol ‘Exclude…’
2.    Seleksi ‘Include’ pada  top dari  menu baru
3.    Seleksi ‘Window reflections’ dari menu List
4.    Klik panah tepat ditengah- tengah menu dialog
5.    Klik ‘OK’
Parameter ini meliputi pembuatan cahaya Omni yang hanya mempengaruhi panel reflections. Dengan cara ini Anda dapat mengatur intensitas reflections dengan menyesuaikan Multiplier cahaya Omni.
Putar panel reflections 45 derajat  dan tempatkan objek sesuai dengan gambar dibawa ini.


Langkah 11.  Proses Render Test Image

Coba Anda render  test image untuk melihat apakah terlihat seperti gambar di bawah ini. Jika reflections muncul di lokasi yang salah, Kita hanya perlu memindahkan group panel reflections saja.


Langkah 12. Langkah terakhir membuat  Balloon  3D
Jika Anda melihat dari jarak dekat Anda mungkin akan melihat masalah kecil pada aliasing di area tepi. Untuk memperbaiki ini, Anda hanya perlu meningkatkan kualitas antialiasing dengan meningkatkan nilai-nilai sampling [ Rendering > Render setup… > Renderer > Sampling Quality ]:
•    Samples per pixel:
•    Minimum: 1
•    Maximum: 16

Coba Anda Render Image itu sekali lagi dan itu untuk balon 3d tunggal. Anda hanya tinggal membuat beberapa koreksi warna pada Photoshop.
•    Saturation +15
•    Brightness -20
•    Contrast +40


Langkah 13. Multiple 3D Balloons

Material- material transparan dan reflektif benar-benar menjadi bersinar ketika beberapa balon dirender bersamaan, jadi mari kita coba membuatnya. Buatlah beberapa Copy/ duplikat dari material balon dengan cara drag dan drop. Anda Hanya mengubah nama dan warna material yang baru.

Langkah selanjutnya Anda tinggal membuat instance copy/ salinan (cukup menggunakan tools "Move" sambil menekan shift pada keyboard) pada balon, apply material, dan menempatkannya disekeliling balon pertama. Saya telah membuat 92 copy balon pada scene terakhir Saya..


Langkah 14. Merender 92 Balloons Ulang Tahun

Me-render Image terakhir. Proses Rendering ini mungkin memakan waktu lama dikarenakan adanya efek refleksi, transparansi blur, dan antialiasing. Kita melakukan prose render dengan pengaturan kualitas dan membuatnya dengan resolusi sangat tinggi (6000 x 4500 pxl) membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk merender scene tersebut.; )



Langkah 15.  Membuat Pop Image !

Lakukan beberapa koreksi warna pada Photoshop untuk membuat pop image! Dengan mengikuti pengaturan berikut
•    Brightness +50
•    Contrast +40

( Image terakhir Anda dan hasil koreksi warna mungkin berbeda )



Saya harap Anda menikmati Tutorial ini! dan bermanfaat untuk menambah referensi pembelajaran  Anda pada Animasi dengan menggunakan 3ds Max.! Selesai

1 comment: