Pada tutorial 3ds Max kali ini Kita akan diajak untuk membuat balon ulang tahun 3d yang berwarna- warni dan proses render-nya menggunakan Mental Ray. Ini adalah contoh yang bagus dari fitur special efek pada 3ds Max. Dengan hanya menggunakan sedikit objek standard primitives dan modifiers Anda bisa melihat dan percaya hasilnya dengan cepat. Kita disini menggunakan versi 3ds Max 2010 tetapi seharusnya tutorial ini bisa anda terapkan pada versi sebelumnya.
Langkah 1. Objek Geometry Dasar dari 3D Balloon
Buatlah sebuah Sphere dengan meng-klik [ Create panel > Geometry > Standard Primitives > Sphere ] pada top viewport . Modifikasi Sphere yang anda buat (geser mouse Anda pada > panel Modify ) dengan mengikuti parameters berikut :
• Radius: 100
• Segments: 100 ( Anda mungkin ingin menambah atau mengurangi ini nanti tergantung pada kebutuhan Anda )
Langkah 2. Membuat Sphere yang Menyerupai Sebuah Balloon
Tambahkan FFD 3x3x3 modifier pada sphere yang Anda buat tadi ( Geser mouse Anda ke > Modify panel > Modifier List > Object-Space Modifiers > FFD 3x3x3 ) dan aktifkan Control Points sub-object level. Seleksi control point sebelah bawah tengah dan pindahkan ke 160 units kebawah seperti yang terdapat pada gambar dibawah ( ini tidak harus tepat pada nilai 160 units ). Periksa kedua titik point yaitu depan (front) dan pandangan kiri (left views) untuk memastikan Anda benar-benar memilih titik kontrol tengah (middle control point).
Langkah 3. Membuat Simpul pengikat 3D Balloon
Selanjutnya Kita akan membuat Simpul pengikat pada balon yang Kita buat. Dengan cara yang sama, Kita akan menyelesaikan ini dengan cepat dengan hanya menggunakan objek standard primitives dan sedikit modifiers. Pertama, buatlah sebuah Torus Knot dengan meng-klik [Create panel > Geometry > Extended Primitives > Torus Knot] pada top viewport dan apply ( geser mouse Anda pada > Modify panel ) iktuti parameters berikut:
• Base Curve
• Radius: 1.3
• Segments: 120
• P: 3.0
• Q: 1.5
• Cross Section
• Radius: 1.2
• Sides: 12
Tempatkan simpul pengikat atau knot pada bagian dasar/ bawah balon seperti pada gambar dibawah ini.
Langkah 4. Membuat Mulut Karet Balon
Buatlah Cone dan Torus dengan meng-klik [ Create panel > Geometry > Standard Primitives ] pada viewport top. Gunakan modify panel ( geser mouse Anda pada > Modify panel ) untuk memodifikasi objek yang kita buat dan ikuti parameters berikut:
• Cone
• Radius 1: 6.0
• Radius 2: 1.0
• Height: 8.5
• Height Segments: 20
• Cap Segments: 1
• Sides: 50
• Torus
• Radius 1: 6.4
• Radius 2: 0.8
• Segments: 50
• Sides: 40
Tempatkan Objek yang baru saja Kita buat mengikuti petunjuk pada gambar dibawah dan gabungkan semua objek menjadi satu Group ( Geser mouse Anda ke > Group > Group ).
Langkah 5. Langkah Terakhir Membuat Objek Geometry Balloon
Tambahkan Noise modifier ( Geser mouse Anda ke > Modify panel > Modifier List > Object-Space Modifiers > Noise ) pada group objek yang baru saja dibuat dan apply parameters berikut kedalamnya:
• Noise
• Scale: 60
• Fractal: YES
• Roughness: 0
• Iterations: 6.0
• Strength
• X: 10
• Y: 10
• Z: 4
Perbaiki penempatan objek group ( Baik pada front viewports dan side viewports ) dan objek model Anda seharusnya seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Sekarang objek geometry balon ulang tahun sudah selesai dibuat.
Langkah 6. Meng-Aktifkan Mental Ray Renderer
Selanjutnya Kita akan membuat sebuah material untuk objek balon Kita dan me-render-nya dengan proses render Mental Ray. Secara default 3ds Max menggunakan Scanline renderer sehingga Kita harus menggantinya dengan mental ray. Ganti proses renderer menjadi Mental Ray dengan meng-klik [ Rendering > Render Setup… > Common tab > Assign Renderer > Production ].
Langkah 7. Arch & Design Material untuk Objek Balon
Mari Kita buka jendela Material Editor ( Tekan “M” pada keyboard Anda ) dan buat material balon:
1. Seleksi seluruh balon dan assign material pada objek
2. Material type: Arch & Design
3. Template dari drop-down list: Translucent Plastic Film, Light
4. Color: bright red (R0,9 G0,0 B0,0)
5. Transparency: 0.6
6. Glossiness: 0.6
7. Glossy Samples: 32 ( Jika Anda memerlukan kualitas transparansi yang lebih mengkilap, Anda dapat meningkatkan ini. Namun, 32 seharusnya cukup untuk keperluan pembuatan balon ini )
Langkah 8. Test Render Pertama pada 3ds Max
Ganti warna background menjadi putih dengan meng-klik [ Rendering > Environment… > Common Parameters > Background > Color ] dan lakukan test render Kita yang pertama. Proses Render seharusnya terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Hasilnya tidak ada yang special disini, tapi jangan khawatir tetaplah disini. Kita akan membuat balon benar- benar bersinar!
Langkah 9. Panel Reflections
Selanjutnya Kita akan membuat efek reflections/ pantulan lebih menarik. Mari kita ciptakan geometri dan material untuk refleksi jendela panel reflections. Buat empat buah kotak besar pada viewport Top dengan mengikuti parameter berikut.
• Length: 2700
• Width: 2800
• Height: 1
Gabungkan Kotak menjadi sebuah Group dan beri nama ‘Window reflections’ ( Geser mouse Anda ke > Group > Group ). Tetapkan sebuah material standar baru untuk group dan masukan parameters berikut untuk Material tersebut::
• Color: pure white
• Specular Level: 999
Kotak Anda akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini :
Langkah 10. Efek Illumination
Buatlah Skylight dengan meng-klik [ Create panel > Lights > Standard > Skylight ] dengan mengikuti parameters berikut:
• Sky Color: pure white
Ketika Anda bekerja dengan Skylight, Anda harus mengaktifkan Final Gather. Pada 3ds Max 2010 Final Gather diaktifkan secara default, tetapi dalam versi lama Anda harus mengaktikannya sendiri. Yaitu dengan meng-klik [ Rendering > Render Setup… > Indirect Illumination > Final Gather > Enable Final Gather ].
Buatlah Omni light dengan meng-klik [ Create panel > Lights > Standard > Omni ]. Sesuaikan cahaya Omni sehingga hanya mempengaruhi panel reflections:
1. Klik tombol ‘Exclude…’
2. Seleksi ‘Include’ pada top dari menu baru
3. Seleksi ‘Window reflections’ dari menu List
4. Klik panah tepat ditengah- tengah menu dialog
5. Klik ‘OK’
Parameter ini meliputi pembuatan cahaya Omni yang hanya mempengaruhi panel reflections. Dengan cara ini Anda dapat mengatur intensitas reflections dengan menyesuaikan Multiplier cahaya Omni.
Putar panel reflections 45 derajat dan tempatkan objek sesuai dengan gambar dibawa ini.
Langkah 11. Proses Render Test Image
Coba Anda render test image untuk melihat apakah terlihat seperti gambar di bawah ini. Jika reflections muncul di lokasi yang salah, Kita hanya perlu memindahkan group panel reflections saja.
Langkah 12. Langkah terakhir membuat Balloon 3D
Jika Anda melihat dari jarak dekat Anda mungkin akan melihat masalah kecil pada aliasing di area tepi. Untuk memperbaiki ini, Anda hanya perlu meningkatkan kualitas antialiasing dengan meningkatkan nilai-nilai sampling [ Rendering > Render setup… > Renderer > Sampling Quality ]:
• Samples per pixel:
• Minimum: 1
• Maximum: 16
Coba Anda Render Image itu sekali lagi dan itu untuk balon 3d tunggal. Anda hanya tinggal membuat beberapa koreksi warna pada Photoshop.
• Saturation +15
• Brightness -20
• Contrast +40
Langkah 13. Multiple 3D Balloons
Material- material transparan dan reflektif benar-benar menjadi bersinar ketika beberapa balon dirender bersamaan, jadi mari kita coba membuatnya. Buatlah beberapa Copy/ duplikat dari material balon dengan cara drag dan drop. Anda Hanya mengubah nama dan warna material yang baru.
Langkah selanjutnya Anda tinggal membuat instance copy/ salinan (cukup menggunakan tools "Move" sambil menekan shift pada keyboard) pada balon, apply material, dan menempatkannya disekeliling balon pertama. Saya telah membuat 92 copy balon pada scene terakhir Saya..
Langkah 14. Merender 92 Balloons Ulang Tahun
Me-render Image terakhir. Proses Rendering ini mungkin memakan waktu lama dikarenakan adanya efek refleksi, transparansi blur, dan antialiasing. Kita melakukan prose render dengan pengaturan kualitas dan membuatnya dengan resolusi sangat tinggi (6000 x 4500 pxl) membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk merender scene tersebut.; )
Langkah 15. Membuat Pop Image !
Lakukan beberapa koreksi warna pada Photoshop untuk membuat pop image! Dengan mengikuti pengaturan berikut
• Brightness +50
• Contrast +40
( Image terakhir Anda dan hasil koreksi warna mungkin berbeda )
Saya harap Anda menikmati Tutorial ini! dan bermanfaat untuk menambah referensi pembelajaran Anda pada Animasi dengan menggunakan 3ds Max.! Selesai
Mantab joe...masih di China joe?
ReplyDelete