Friday, July 1, 2016

MeshSmooth VS TurboSmooth




Untuk menghaluskan bentuk suatu objek Editable Poly, Anda dapat menambahkan sebuah modifier MeshSmooth. Anda mungkin sering menggunakan Modifier ini, tapi pernahkah Anda menggunakan Modifier TurboSmooth? Modifier ini baru muncul di 3DS Max versi 7 ke atas.

Modifier ini memiliki fungsi yang sama dengan Modifier MeshSmooth. Hanya saja TurboSmooth memiliki keunggulan lebih cepat, tidak memperberat kinerja komputer, dan lebih hemat dalam penggunaan memori dibandingkan dengan MeshSmooth. Disarankan apabila Anda menggunakan 3DS Max versi 7 ke atas, gunakan Modifier ini.

Berikut trik mengakses kedua Modifier tersebut:

1. Anda ambil dua buah objek yang sama untuk membandingkan penggunaan antara MeshSmooth dengan TurboSmooth. Dalam contoh ini terdapat dua buah model sederhana.


2. Klik model di sebelah kiri dan Anda buka tab Modify, lalu beri Modifier MeshSmooth. Anda beri nilai Iterations = 3. Semakin tinggi nilainya, maka akan semakin halus objek dan semakin berat kinerja komputer karena banyaknya ruas-ruas segment MeshSmooth. Anda akan mendapati kinerja komputer menjadi lebih berat.


3. Sekarang Anda klik model yang satu lagi dan di tab Modify, Anda beri Modifier TurboSmooth. Beri nilai Iterations = 3. Anda akan mendapati kinerja komputer yang tidak terlalu berat. Disinilah perbedaan yang utama antara MeshSmooth vs TurboSmooth.



4. Anda perhatikan hasil akhir di Viewport, kedua model tampak sama.


Selesai

No comments:

Post a Comment