Sunday, July 3, 2016

Membuat Penggandaan Objek Secara Banyak dan Acak



Dalam pembuatan Modeling, Anda dapat mempergunakan litur khusus yang sangat powerful, yaitu Compound Object. Dengan bantuan Compound Object, Anda akan dapat membuat berbagai kreasi 3 dimensi, seperti membuat penggandaan objek secara acak, membuat objek liquid, dan sebagainya.

Bab ini akan memandu Anda menggunakan tujuh jenis Compound Object, yaitu: Scatter, Connect, Blobmesh, ShapeMerge, Terrain, Loft, Boolean, dan Proboolean.

Membuat Penggandaan Objek Secara Banyak dan Acak

Bila Anda ingin memperbanyak suatu objek secara acak pada suatu objek tertentu, misalkan Anda ingin membuat suatu permukaan tanah yang terdapat banyak bebatuan, Anda dapat memanfaatkan fitur Scatter pada fasilitas Compound Object dalam 3DS Max.

Berikut panduan langkah-langkahnya:

1. Anda buat sebuah objek Sphere dan Cone, seperti terlihat pada gambar.


2. Pilih objek Cone dan berikan Compound Object Scatter, yang Anda akses dari tab Create > Geometry > Compound Objects > Scatter.


3. Kemudian klik tombol Pick Distribution Object dan Anda klik objek Sphere di Viewport.


4. Buka tab Modify dan atur parameternya sebagai berikut.





Hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah.


Selesai

No comments:

Post a Comment