Sunday, July 10, 2016

Fitur Boolean Pada Editable Spline 3dS Max



Menggabungkan, Memotong, dan Membuat Perpotongan Antar Objek 2 Dimensi

Anda dapat menggabungkan, memotong, atau membuat perpotongan antar objek Shape. Anda akan menggunakan Fitur yang bernama Boolean pada Editable Spline.

Ikuti Panduan Langkah- langkahnya dibawah ini:

1. Buat beberapa Objek shape, Sebagai contoh buat tiga buah objek Circle dan susun seperti pada gambar dibawah. Kemudian Anda Attach ketiga Objek tersebut sehingga menjadi satu bentuk.



2. Selanjutnya, Anda gandakan menjadi tiga buah objek.


3. Pilih objek di posisi paling kiri dan Anda aktifkan mode Spline di tab Modify. Anda pilih Circle yang besar. Lalu Anda klik tombol Boolean (pastikan yang aktif adalah pilihan Union, seperti gambar di bawah) dan klik Circle-Circle yang kecil satu per satu. Anda akan mendapatkan bentuk penggabungan yang utuh. Bila telah selesai, Anda nonaktifkan mode Spline.



4. Pilih objek di tengah dan Anda aktifkan mode Spline di tab Modify. Anda pilih Circle yang besar. Lalu Anda klik tombol Boolean (aktifkan pilihan Substract-ion seperti pada gambar) dan klik Circle-Circle yang kecil satu per satu. Anda akan mendapatkan bentuk objek Circle besar yang terpotong. Bila telah selesai, Anda nonaktifkan mode spline.



5. Pilih objek di posisi paling kanan dan Anda aktifkan mode Spline di tab Modify. Anda pilih Circle yang besar. Lalu Anda klik tombol Boolean (aktifkan pilihan Intersection seperti pada gambar) dan klik Circle di sebelah kanan (Circle sebelah kiri otomatis tidak bisa diklik). Anda akan mendapatkan bentuk perpotongan objek Circle besar dengan Circle di kanan.



6. Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah.



7. Beri ketiga objek tesebut dengan modifier Extrude.



SELESAI

No comments:

Post a Comment