Wednesday, July 27, 2016

Membuat Objek Cair ( Liquid )



Sejak 3ds Max versi 6, disediakan sebuah fasilitas baru bernama Blobmesh. Apakah itu Blobmesh? Blobmesh adalah sebuah fasilitas compound objek yang berfungsi untuk menciptakan objek berbentuk partikel, Layaknya menyerupai bentuk liquid (cair) atau soft (lembek). Pada 3ds max versi 5 ke bawah, Anda tidak akan menjumpai fitur ini.

Ada beberapa trik yang akan dipelajari:

1. Buat sebuah objek Teapot, Klik [ create >> Geometry >> Standard Primitives >> Teapot ]




2. Anda klik Compound objek Blobmesh, [ Create >> Geometry >> Compound Objects >> Blobmesh ]



3. Kemudian buat sembarang di viewport perspektif, Lihat gambar dibawah.


4. Pastikan objek Blobmesh tersebut tetap tepilih dan terseleksi, lalu buka Tab Modify. Anda klik tombol Pick dan klik objek Teapot di Viewport.



5. Buka Tab Modify dan atur parameternya berikut.


6. Sekarang akan terlihat objek Teapot yang tampak membeku.



7. Lakukan Render untuk melihat hasilnya. tapi sebelumnya ubah warna objek blobmesh menjadi putih atau agak kuning supaya kelihatan seperti susu atau cat.




Selesai

No comments:

Post a Comment