Monday, April 11, 2016

Membuat Ketebalan Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis



Bagaimana bila Anda ingin memberikan ketebalan suatu permukaan objek berdasarkan suatu kelengkungan garis sebagai arah acuannya? Anda bisa memanfaatkan fitur Extrude Along Spline. Berikut triknya:

1. Anda buat sebuah objek 3 dimensi, misalkan sebuah Cylinder yang Anda convert ke dalam Editable Poly. Kemudian Anda buat sebuah bentuk garis di atas objek Cylinder. Buka tab Modify dan pilih mode Polygon
lalu Anda klik sisi permukaan (polygon) bagian atas dari objek Cylinder tersebut.




2. Anda klik tombol bergambar kotak di sebelah tulisan Extrude Along Spline.


3. Akan terbuka jendela Extrude Polygons Along Spline. Klik tombol Pick Spline dan Anda pilih garis yang Anda buat di Viewport. Selanjutnya atur nilai Segments = 100 (Segments adalah penambahan ruas-ruas agar objek terlihat lebih halus) dan Taper Amount = -0.9 (Taper Amount adalah perbesaran atau pengecilan sisi permukaan terpilih). Lalu klik tombol OK.


4. Sekarang Anda lihat di Viewport, objek Cylinder telah berubah bentuk.


Selesai

Menyatukan Titik pada Objek 3 Dimensi

No comments:

Post a Comment