Saturday, April 16, 2016

Membuat Anemon Laut Realistis dalam 3ds Max



Tutorial ini didedikasikan untuk pengguna Hair & Fur dalam 3ds Max, sebuah modifier yang memungkinkan untuk membuat tumbuhnya  rambut dan bulu di atas objek apapun. Biasanya H & F digunakan untuk menghasilkan rambut dengan jenis: di jumbai, jarang, keriting, panjang, pendek, kepang, dll ... tetapi kadang-kadang akan digunakan juga untuk keperluan lainnya seperti pada tutorial ini. Tutorial singkat ini akan menunjukkan cara untuk membuat dan menghidupkan anemon laut dalam beberapa klik.


1. Buat dasar laut dengan memodifikasi objek plane yang Anda inginkan. Ini akan menjadi objek distribusi.


2. Langkah kedua adalah untuk menciptakan sebuah bentuk anemon. Untuk melakukannya Anda dapat menambahkan modifier lathe pada sebuah spline. Pastikan Anda untuk menambahkan subdivisi yang cukup untuk kebutuhan mesh yang akan Anda buat sehingga menghasilkan bentuk Anemon yang baik.


3. Apply/ Terapkan modifier H & F ke objek plane yang sudah Anda buat tadi. Jika memungkinkan  Anda Seleksi faces tunggal untuk distribusi. Pertama- tama objek rambut diorientasikan  menggunakan face normals dalam uniform way.


4. Pada point ini, buka panel "tools" H & F, lalu klik pada kotak kosong " Instance node " dan Anda pilih objek anemon. " Instance node " memungkinkan Anda untuk menggunakan setiap mesh objek rambut dalam bentuk  default. Pengaturan seperti segmen rambut, passes, dll akan diabaikan. kualitas tertentu yang dimiliki sebuah mesh yang digunakan adalah instance, jadi jika Anda ingin lebih banyak subdivisi anda harus mengedit mesh aslinya.


5. Sekarang Anda akan melihat distribusi anemon Dasar laut yang dibuat dari plane. Adegan ini sudah hampir menyerupai sebuah pemandangan didasar  laut. Selanjutnya Anda perlu memperbaiki beberapa pengaturan,  sedangkan pengaturan tertentu diabaikan, yang lain tidak. Perbaikan itu misalnya meliputi pada kepadatan, skala, tebal pada anemone dan Meningkatkan ukuran bulu dan lainnya masih banyak lagi yang bisa mempengaruhi bentuk anemon.


6. Cobalah untuk menggunakan parameter frizz dan  kizz dan lihat  bagaimana parameter itu mempengaruhi bentuk anemon. Jika mesh dasar tidak cukup dibagi lagi Anda akan melihat sudut-sudut tajam dan tidak realistis.



7. Jika sekarang Anda percaya diri dengan parameter yang paling sempurna menurut Anda, cobalah untuk mengatur parameter itu dengan benar. Kemudian jika Anda mencoba untuk membuka rollout dynamics Anda dapat menambahkan simulasi ke anemon yang akan membuat mereka berperilaku seperti rambut, jatuh dan melipat. Jika Anda klik pada tombol "live" Anda akan melihat mesh secara bertahap akan men-deformasi.


8. Jangan lupa bahwa Anemon- anemon yang Anda buat adalah tetap sebuah bentuk "rambut", jadi mengapa tidak Anda sisir mereka? Gunakan Toolset untuk menata gaya rambut yang Anda sukai, sehingga Anda dapat menemukan bentuk  yang menurut Anda cantik dan  terlihat menarik .


9. Setelah Anda puas dengan gaya Anda seterusnya Anda dapat menetapkan sebuah material dan lanjutkan dengan meng-apply-nya pada Anemon Anda, dan anemon Anda akhirnya akan terlihat hidup !


10. Anda dapat mengubah kerapatan atau bahkan menetapkan peta untuk itu. Berikut adalah beberapa contoh dari apa yang bisa dilakukan.




11. Sekarang, jika Anda benar-benar ingin menambahkan anemon agar terlihat lebih hidup, langkah-langkah untuk melakukan hal ini adalah sangat sederhana. Bila Anda mengaktifkan pilihan "Live", setiap helai akan merunduk. Untuk membuat untaian melayang Anda dapat meningkatkan parameter "root hold", meskipun Anda menetapkan nilai tahan tinggi maka mesh menjadi benar-benar kaku. Untuk menghindari kekakuan tersebut,  jaga terus nilai akar agar tetap rendah, dan mengatur gravitasi ke arah negatif (tipe -2,33) sehingga akan "tertarik" ke atas. Sekarang Anda buat [Space Warps > Forces > Wind] dan menaruhnya di sisi tempat. Pada panel H & F, Anda tambahkan ke dynamics rollout "external forces"


12. Deformasi ini dapat Anda simpan dalam  pre-computing the simulation. Atur folder di mana Anda ingin menyimpan individu file tersebut,  untuk setiap frame dan klik "Run". Setelah peng-kalkulasian/ penghitungan, cukup dengan memberikan "Pre-computed" dan Anda akan melihat anemon tunggal telah ter-animasi.

13. Berikut adalah hasil video dari apa yang Kita buat: http://vimeo.com/7816099 


14. Hair and Fur dapat digunakan untuk membuat berbagai macam benda, dari rambut normal, gimbal, bulu ... dan lain- lain, mengapa tidak?  Begitu juga dengan  anemon ini! Saya harap Anda suka dengan tutorial yang Saya perkenalkan ini.

by Luca Broglio, diterjemahkan oleh: Admin

Selesai

No comments:

Post a Comment