Video Tutorials

Loading...

Tuesday, June 14, 2016

"THE METAL TEAPOT IN ACTION" ; PATH CONSTRAINT

Iwan Raditya iwan@tabloidpcplus.com


Ada satu lagi bahasan seputar animasi tiga dimensi yang tidak boleh dilewatkan, yaitu pergerakan objek berdasarkan jalur.

Reset 3DMax anda, buka file PathConstraintAwal.max. Tampak pada Viewport telah disiapkan "The Metal Teapot" dan landasan luncurnya yang penuh karat. Selain itu, telah disediakan pula jalur yang akan dijadikan acuan bergerak si Teapot. Mengapa Teapot? Salah satu alasan karena kita dapat dengan jelas mengetahui bagian depan dan belakang objek tersebut. Lantas semudah apakah membuat animasi yang mengacu pada jalur ini? Inilah Langkahnya.


Langkah 1


Aktifkan Teapot, Pergi ke Command Panel Motion, klik tanda plus di kiri Assign Controller rollout, pilih Position : Position XYZ, klik tombol kecil berlogo "?" (Gambar 1).

Gambar 1

Langkah 2

Pada dialog Assign Position Controller yang muncul, pilih Path Constraint >> OK (Gambar 2).


Gambar 2

Langkah 3

Pada Path Parameters rollout, klik tombol Add Path (Gambar 3). Arahkan kursor ke Viewport Top lalu klik tepat pada kurva di dalam landasan (Gambar 4). Langkah ini bertujuan untuk men-cantholkan teapot pada jalur yang diinginkan. dalam hal ini objek bernama Jalur dengan tipe Editable Spline.

Gambar 3

Gambar 4

Langkah 4

Coba tekan tombol Play Animation (Gambar 5), shortcut-nya anda bisa tekan tombol "?" di keyboard.

Gambar 5

Nah, sekarang si Teapot sudah bergerak mengikuti jalur yang telah ditentukan sebelumnya. Coba amati situasi di Viewport, aktifkan Viewport Perspective, lalu mainkan lagi animasinya. Kalau perlu switch-kan ke single view agar lebih jelas (tekan "Alt+W"). Adakah kejanggalan? ternyata posisi kepala dan buntut Teapot tidak sesuai harapan. Maka dari itu lanjutkan saja ke langkah 5.

Langkah 5

Pastikan Teapot dalam keadaan terseleksi, pergi ke Command Panel Motion, kembali lagi ke Path Parameters rollout, beri tanda cek pada Follow di dalam kotak Path Option (Gambar 6). Cek lagi hasilnya.

Gambar 6

Kini Teapot sudah bergerak sesuai takdirnya yaitu mengikuti jalur, dan kepalanya sudah menghadap ke arah tujuan. Apa yang terjadi jika kita beri cek pada opsi Bank? Coba saja anda aktifkan cek-nya, lalu mainkan animasinya. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan mengubah nilai pada Bank Amount dan Smoothness-nya. Tekan Play Animation

Semudah itukah membuat animasi Path Constraint? Ya...memang semudah itu. Tetapi masalah akan muncul, saat kita ingin membuat gerakan perlambatan dan/atau percepatan misalnya saat menuruni atau menaiki tanjakan. Untuk itu mari kita lanjutkan latihan ini. Seperti biasa Tutorialnya dilanjutkan pada Ebook yang Admin sertakan dalam bentuk Download, Ok!

Download File PDF "THE METAL TEAPOT IN ACTION" ; PATH CONSTRAINT

http://www.mediafire.com/download/uop6lnavk8pcksc/PathConstraint.pdf

Download File Latihan Max

http://www.mediafire.com/download/2n19bv8hb4k1ud8/%5EFileLatihan.rar

Download Video Hasil Rendering 

http://www.mediafire.com/download/kbg8tr7t78f9ur4/PathConstraint_Final.rar



SELESAI

No comments:

Post a Comment