Saturday, May 21, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Oktober 2003



Training Class - Material Alphamatte UVW dll

Dalam edisi ini, akan dijabarkan tentang Material Alphamatte UVW. Alpha adalah suatu istilah dalam sebuah image yang menyimpan informasi gambar dalam dua warna hitam dan putih. Fungsinya banyak digunakan sebagai pemisah antara penggabungan image yang satu dengan image yang lainnya. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan bagaimana kita bisa menghasilkan image Alpha tersebut, dan pada kondisi seperti apa kita menggunakannya.

Friday, May 20, 2016

Menutup bidang Bolong pada Objek Tiga Dimensi



Jika Anda ingin menutup bidang bolong pada objek tiga dimensi, bagaimana Caranya? jangan khawatir, Editable Poly menyediakan suatu fitur untuk mengatasi masalah tersebut. Fitur itu bernama "Cap".

Thursday, May 19, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi September 2003


Training Class -  Basic Material dan Lighting


Dalam edisi ini, akan dijabarkan "penerapan dasar" bagaimana penciptaan material dan penggunaan lighting untuk mendapatkan suasana yang ideal. Penerapan material dan lighting sangat mempengaruhi suatu komposisi visual. Baik gambar bergerak (movie) maupun gambar diam (still image) harus menerapkan prinsip dasar keindahan lewat warna maupun tekstur, tentunya diimbangi dengan nuansa pencahayaan yang benar.

Material Shader Dielektrik dan Fenomena Physics Gelas

by Rick Timmons, Diterjemahkan by Admin



Untuk Para Animator yang terbiasa  menggunakan efek kaca atau gelas dengan tekhnik rendering  Raytrace, Tutorial ini pertama-tama mungkin akan tampak sangat asing, dan metode pemodelan objek menggunakan metode pembuatan dengan Shader dielektrik danPhysics Phen pasti akan terasa lebih asing lagi.

Wednesday, May 18, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Agustus 2003


Training Class - Digital Cinematography


Dalam edisi ini, akan diperkenalkan sebuah konsep dari tradisional cinematography yang diterapkan oleh para animator komputer grafis dunia. Penempatan dan pergerakan kamera yang merupakan salah satu highlight disini, mempunyai seni tersendiri untuk bisa dipelajari dan dikuasai. Salah satu cara untuk bisa mempelajari dengan benar adalah dengan mengamati setiap adegan film (dimana teknik ini banyak dipergunakan). Penerapan ini banyak dipergunakan oleh para animator untuk bisa mengaplikasikannya ke dalam sofware 3D. Disini saya berkesempatan untuk berbagi pengalaman dalam penerapan ilmu cinematograhy khususnya dalam komputer grafis.

Thursday, May 12, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Juli 2003


Training Class - Introduction to Camera

 
Dalam 2 edisi ini yaitu edisi Juli dan Agustus 2003, akan diperkenalkan sebuah konsep dari tradisional cinematography yang diterapkan oleh para animator komputer grafis dunia. Penempatan dan pergerakan kamera yang merupakan salah satu highlight disini, mempunyai seni tersendiri untuk bisa dipelajari dan dikuasai. Salah satu cara untuk bisa mempelajari dengan benar adalah dengan mengamati setiap adegan film (dimana teknik ini banyak dipergunakan).

Wednesday, May 11, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Juni 2003


Training Class - Case ( Having Fun With Animation! )


Dalam edisi ini, lebih mengetengahkan dalam penciptaan gerak dan bentuk dengan menggunakan standard tool dalam 3dsmax 5 serta penambahan features baru (plugins) untuk mempercepat proses kreasi. Dengan tool standar yang terdapat di 3ds max 5 dan bantuan sejumlah plug-ins, Anda dapat membuat kreasi animasi yang lebih ekspresif dan impresif.

Sunday, May 8, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Mei 2003


Training Class - Animation Tools

 
Untuk menghasilkan suatu gerakan yang natural dan dinamis dalam sebuah Animasi, kita membutuhkan penguasaan Tool- tool animasi itu sendiri sebagai jembatan untuk Kita menciptakan kreasi langkah demi langkah, tahap demi tahap.  Oleh karena itu didalam sesi ini Kita akan disuguhkan beberapa dari tutorial penguasaan Tool yang bisa menghasilkan sebuah Tipe animasi yang ingin Kita buat dan hasilnya bisa sesuai keinginan Anda tentunya sebagai Animator pemula atau basic.

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi April 2003


Training Class - Basic Animation (Pemahaman Animasi dalam 3D)


Dalam dua edisi kedepan (Seri ke-4 dan 5) akan dipaparkan secara jelas mengenai penggunaan animasi pada 3D. Mulai dari pengertian dasar (Seri ke-4), hingga Advanced Animation (Seri ke-5). Pada intinya, penjelasan kali ini lebih diperuntukan untuk menganimasikan sesuatu yang rumit, namun bisa diselesaikan dengan cepat. Maka, siapkan segala sesuatunya, dan.. Have fun with animation!

Friday, May 6, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Maret 2003


Training Class - Spline Modelling


Teknik 2D modeling merupakan salah satu cara untuk membangun objek 3D dengan memanfaatkan struktural garis sehingga menciptakan bentuk pola/cetakan. Dalam edisi ini akan dijabarkan konsep berpikir serta penerapan dilapangan dengan memanfaatkan perintah-perintah yang terdapat pada teknik 2D modeling. Beberapa kasus diberikan seperti pembentukan logo, mechanic gear, serta desain bangku yang mempunyai unsur garis didalamnya.

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Pebruari 2003


Training Class - Modelling


Pada edisi CHIP kali ini, akan dicontohkan bagaimana penerapan teori di edisi pertama 2003  yang dapat membantu dalam penciptaan suatu model 3D. Modeling yang dijabarkan saat ini mempergunakan teknik polygonal SubD, dimana teknik tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dari sekian banyak teknik pemodelingan pada sofware 3D. Selain kecepatannya didalam membangun objek 3D, polygonal SubD yang juga lebih mengarah kepada penerapan tradisional modeling teknik, tidak terlalu dipusingkan oleh perintah-perintah yang biasa ditemukan pada teknik yang lain.

Wednesday, May 4, 2016

Video Tutorial 3DS Max Versi majalah CHIP Edisi Januari 2003


Training Class - Basic 3D


Cara belajar dengan cepat dalam membahas tools, konsep serta contoh kasus dengan konsep  "Classroom in the CD" yang didasari atas dasar pengalaman di dalam pembuatan animasi 3D. Dunia  3D Computer  Animation telah  berkembang  pesat. Terlihat dengan banyaknya film, iklan, media cetak, web,  multimedia interaktif, serta game-game yang memanfaatkan teknologi ini.

Monday, May 2, 2016

Video Tutorials Interaktif 3DS Max Versi Majalah CHIP 2003




3D Animation Training Class


Kabar gembira buat para Designer grafis penggemar Animasi  khususnya yang berkecimpung dalam mempelajari Dunia Software 3d Studio Max, baik pemula ataupun yang tingkat lanjut. Kali ini Kami akan membagikan Video Tutorials Interaktif dari koleksi yang berhasil Kami kumpulkan dari Edisi per Edisi Majalah CHIP, Mulai dari Tahun 2003 sampai Tahun 2005.